Penggunaan komputer dalam jangka lama akan menyebabkan keadaan hardisk menjadi tidak stabil dan menyebabkan file-file komputer yang tersimpan menjadi tidak beraturan atau terjadi fragmentasi.

Hal ini disebabkan karena file-file di hardisk berada pada posisi tidak seperti pada awalnya yang masih rapi tetapi sudah pada keadaan berantakan.

Komputer yang mengalami fragmentasi menjadi lambat saat membuka suatu program karena komputer harus mencari-cari posisi file yang berada ditempat yang berbeda-beda dan ini akan memakan waktu.

Komputer yang lambat dalam membuka suatu program akan menyita waktu kita dan membuat kita merasa jengkel karena harus menunggu lama.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan proses defragmentasi hardisk komputer.
Defragmentasi dapat menggunakan software khusus. Salah satu software Defraggler yang sudah terkenal dan bersifat freeware atau gratis adalah Piriform Defraggler.




Di kesempatan kali ini Semut Techno akan membagikan cara Mendefragmentasi hardisk komputer dengan software Piriform Defraggler.

Simak tutorialnya berikut :


  • Download software Piriform Defraggler disini.

  • Buka aplikasi Piriform Defraggler kemudian pilih Drive yang akan di Defragmentasi.


  • Senjutnya klik menu Action dan pilih Analyze seperti gambar.


  • Kemudian tunggu hingga proses Analyze selesai.


  • Untuk memulai proses defragmentasi klik menu Action dan kemudian pilih Quick Devrag Drive.




  • Proses defragmentasi sudah dimulai dan anda bisa melihat jumlah file yang terfragmensi seperti gambar.


  • Tunggu hingga proses defragmentasi selesai dan anda dapat melihat jumlah file yang terfragmentasi menjadi kosong seperti gambar.


Demikian ulasan dari Semut Techno untuk software Piriform Defraggler yang free dan  cocok untuk anda gunakan di komputer windows anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.