Smartphone sudah menjadi trend yang tak terpisahkan lagi dengan kehidupan manusia modern saat ini. Nyatanya dari bangun pagi sampai saat mau tidur smartphone lah yang selalu kita kita cari.

Dengan smartphone kita dapat melakukan berbagai aktivitas baik soal pekerjaan, bisnis, entertainment maupun sosial media. 

Penggunaan smartphone tentu membutuhkan daya baterai yang berfungsi sebagai catu daya di sistem smartphone. Saat sedang asik menggunakan smartphone kita kadang lupa akan penggunaan daya baterai yang berlebih dan hal ini akan membuat baterai smartphone akan cepat habis.

Baca juga : 5 Aplikasi Edit Vidio Terbaik Android

Proses charging yang terlalu sering juga tidak bagus dilakukan pada smartphone karena dapat membuat umur atau lifetime baterai berkurang atau baterai cepat rusak.

Untuk mengatasi hal ini Semut Techno ingin membagikan tips agar baterai smartphone awet dan umur pakainya lama dan berikut tipsnya :
1. Atur brightness layar smartphone secara normal.
Lakukan pengaturan secara berkala untuk brightness layar smartphone anda, karena layar yang terlalu cerah memerlukan sumber daya baterai yang tinggi sehingga saat brightness layar terlalu tinggi dapat dipastikan akan membuat boros baterai.

2. Manfaatkan WiFi yang ada.
Jika di sekitar anda terdapat koneksi WiFi maka ini adalah pilihan terbaik untuk anda gunakan sebagai koneksi internet karena saat menggunakan mode data smartphone selalu bekerja untuk mencari sinyal dan ini akan menguras daya baterai lebih cepat.

3. Nonaktifkan koneksi yang tidak dibutuhkan.
Mematikan koneksi WiFi, Bluetooth dan GPS adalah hal wajib jika anda ingin menghemat baterai smartphone. Fitur Wifi dan Bluetooth dapat anda nonaktifkan jika memang tidak dibutuhkan. Satu lagi yang perlu anda perhatikan yaitu menonaktifkan koneksi GPS jika anda tidak dalam perjalanan.

4. Gunakan Kunci Layar.
Selain untuk mode keamanan kunci layar juga berguna untuk membuat sistem smartphone berada pada posisi mode sleep yang berati daya baterai yang dibutuhkan smartphone relatif lebih sedikit.

5. Atur fungsi sync semaksimal mungkin.
Fungsi sync di smartphone sebenarnya tidak harus di aktifkan secara terus menerus anda hanya perlu mengecek dan mengaktifkannya secara teratur saat dibutuhkan.

6. Close segera aplikasi yang sudah tidak digunakan.
Aplikasi yang masih berjalan di background sistem akan selalu mengkomsusi daya baterai dan ini akan membuat baterai tidak awet, untuk itu segera close aplikasi yang sudah tidak digunakan.

7. Perhatikan suhu yang ekstrim.
Pada keadaan yang ekstrim baterai akan cepat terkuras misalnya di lingkungan dengan suhu yang terlalu panas atau sebaliknya di lingkungan yang suhunya terlalu rendah. Untuk itu usahakan smartphone selalu berada disuhu normal atau suhu ruangan.

Demikian tips agar baterai smartphone awet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.